Senin, 07 April 2014

Kerajaan Banggai Merupakan Salah Satu Kerajaan Islam Tertua Di Indonesia

Wilayah Kerajaan Banggai
      wilayah kerajaan banggai sampai sekarang meliputi Kab. Banggai, Kab. Banggai Kepulauan dan Kab. Banggai Laut. pusat kerajaan/ keraton banggai berada di kab. banggai laut sekarang.

Kerajaan Banggai Lama
            Dalam  perkembangan sejara masuknya islam di Indonesia telah kita ketahui bersama bahwa islam telah hadir di Indonesia sekitar abad ke VII, yang diperkirakan Nabi Muhammad msih hidup, yaitu dengan keberadaan beberapa kesultanan islam di sumatra seperti Kesultanan Perlak, Kesultanan Samudra Pasai serta adanya situs makam di daerah barus sumatara.

Namun selain di daerah Sumatra islam pun di  awal abad ke VII telah hadir di daerah Sulawesi, tepatnya Sulawesi Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan. Dalam sejarah tutur yang berkembang di masyarakat, kemudian dihubungkan pada keberadaan situs berupa makam, maka Kerajaan Banggai bisa disimpulkan sebagai atau salah satu kerajaan Islam tertua di Indonesia yang telah berdiri sejak + awal abad ke VII dengan bukti adanya situs makam seorang Bangsawan Kerajaan Banggai yang bernama FUADIN/ LIPUADINO meninggal tahun 68 H/678 M dengan bertuliskan arab melayu dan juga dekat makam Fuadin ada makam seorang guru besar IMAM SYA'BAN yang pada batu nisannya juga bertuliskan arab melayu meninggal 168 H/778 M, namun sayang situs ini kurang mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah maupun pusat sehingga keberadaannya tidak lagi terawat dengan baik, mirisnya situs ini mulai mendekati kehancuran.

Dari sejarah tutur yang berkembang pada masyarakat Banggai Kepulauan khususnya daerah Kec. Bulagi Selatan dan sekitarnya, FUADIN adalah seorang putra dari istiri kedua Raja Banggai pertama yang Bergelar ADI SAKA. Untuk Adi Saka sendiri belum diketahui secara pasti asal-usulnya namun dari sejarah tutur yang berkembang, beliau adalah penyebar agama Islam, pemersatu kerajaan banggai dan juga sebagai  pemimpin pertama kerajaan banggai yang disatukannya + awal abad ke VII. perlu diketahui sebelumnya bahwa, kerajaan banggai sebelum kedatangan Adi Saka hanyalah merupakan kerajaan-kerajaan kecil yang berkedudukan di pulau-pulau kecil dan belum bernama kerajaan banggai. untuk pulau yang besar ialah pulau peling dengan terdapat beberapa basalo seperti basalo buko, basalo bulagi, dan beberapa kerajaan kecil lainnya yang masing-masing dipimpin oleh seorang basalo. kemudian pulau bollukan/banggai, pulau labobo, pulau bangkurung, kepulauan bokan dan sebagian timur pulau sulawesi juga masing-masing memiliki seorang basalo dan para basalo ini saling bertikai satu sama lain untuk memperluas wilayahnya.

Kedatangan Adi Saka
              Awal mula kedatang Adi Saka ini untuk menyebarkan agama Islam ialah di kerajaan buko. pada saat itu Kerajaan Buko dipimpin oleh basalo, dan basalo buko sendiri menyambut Adi Saka dengan baik karna beliau sendiri menikahkan putrinya denga Adi Saka. dari pernikahan ini Adi Saka di karuniai seorang putra yang namanya lebih dikenal oleh masyaraka buko dengan julukan Tomundo Daalu. untuk peninggalan basalo buko ialah berupa benteng yang didirakan dari batu karang letaknya di atas pegunungan buko. berhubung kerajaan bulagi berdekatan dengan kerajaan buko maka kabar Adi Saka yang hadir membawa Agama baru tersebar sampai kepada basalo bulagi. setelah mempelajari agama baru tersebut akhirnya Basalo Bulagi pun mengikuti agama baru tersebut yaitu agama Islam, masuk islamnya basalo bulagi ini dapat dilihat dari julukan yang diberikan padanya yaitu "Basalo Salaup" (artinya: Basalo yang sering  sujud), dikemudian hari putri dari basalo salaup ini yang menjadi istri dari Fuadin putra pertama Adi Saka dari istri keduanya, hasil pernikahan dari anak basalo dikerajaan yg terletak pada pulau bollukan/banggai.

tinggal beberapa waktu di kerajaan buko akhirnya Adi Saka pun berangkat menyebarkan Islam ke pulau bollukan/ banggai yang cikal bakal jadi pusat kerajaan banggai, sesampai di pulau bollukon beliu pun disambut baik oleh basalo bollukon, serta Adi Saka sendiri pun dinikahkan dengan putri Yadamin yaitu putri dari basalo bollukan tersebut. dari pernikahan ini, beliau dikaruniai dua orang putra yaitu Fuadin dan Tomundo Sabol/ Adi Sabol, setelah itu Adi Saka juga menikah dengan Putri Basalo Bokan dan dan Putri Basalo Tompotika, untuk pernikahan dengan Putri Basalo Bokan Adi Saka Dikaruniai seorang Putri, namun untuk istri dari Putri Basalo Tompotika tidak dikaruniai keturunan. dengan alasan pernikahan inilah akhirnya kerajaan-kerajaan kecil itu dapat disatukan dibawah kekuasaan Adi Saka dan berpusat di pulau bollukan, yang oleh Adi Saka sendiri pulau bollukan diganti namanya menjadi Banggai. selanjutnya raja-raja dari keturunan Adi Saka menggunakan gelar ADI. namun situs makam untuk Adi Saka sendiri tidak terdapat di banggai karna beliau berangkat ke tanah Jawa dan menikah dengan putri seorang Raja Jawa dengan dikaruniai seorang Putri yang diberi nama Putri Endang. dari penuturan seorang budayawan Jogja yaitu Mas Herman Sinung Janutama, ia  mengatakan bahwa ibu dari Putri Endang atau istri dari Adi Saka ini adalah Putri Raja Pajajaran Jawa Barat.

Keberangkatan Adi Saka Ke Jawa
             Setelah menyatukan kerajaan-kerajaan kecil di kerajaan banggai akhirnya Adi Saka pun berangkat ke jawa untuk menyebarkan agama Islam. sesuai cerita sebelumnya bahwa sesampainya di jawa beliau Adi Saka, menikah pula dengan seorang putri raja Pajajaran dan dikaruniai seorang putri yaitu putri Endang, namun saat keberangkatan Adi Saka meninggalkan kerajaan banggai dengan tanpa menunjuk penggantinya, maka kerajaan banggai menjadi kekosongan seorang raja. sedangkan kedua putranya yaitu Fuadin dan Adi Sabol belum dewasa untuk dapat memimpin kerajaan banggai. selain itu pula, saat Adi Saka berangkat meninggalkan Kerajaan Banggai, Putri Yadamin istrinya bersama kedua putranya juga berangkat meninggalkan kerajaan banggai untuk mengasingkan diri disalah satu tempat di pulau banggai. setelah berlansung beberapa waktu kekosongan kepemimpinan akhirnya kekisruhan pun terjadi dikerajaan banggai. dengan demikian maka kekosongan raja ini tidak dapat dibiarkan berlarut-larut, dan akhirnya para basalo kerajaan banggai yang telah bersatu tersebut memutuskan untuk meminta kepada putri yadamin agar berkenan memberikan putra tertuanya yaitu Fuadin untuk menjadi pemimpin kerajaan banggai. Putri Yadamin akhirnya berkenan memberikan agar putranya Fuadin memimpin kerajaan banggai, namun dari Fuadin sendiri mengatakan bahwa sebelum ia diangkat menjadi raja beliau harus memohon restu pada ayahnya yang berada di tanah jawa, setelah direstui permintaannya untuk berangkat ke jawa maka beliau meminta agar disiapkan kapal dan empat puluh orang untuk mendayung kapal. saat diperjalanan Fuadin singgah sebentar pada adik perempuannya yang berada di bokan untuk mengajak saudaranya tersebut, namun saudaranya tidak berkenan ikut tetatpi hanya meminta hadiah emas dari bapaknya kalau Fuadin kembali nantinya.

sesampainya fuadin dan adiknya Adi Sabol di tanah jawa mereka lansung bertemu dengan Adi Saka bapak mereka dan menceritakan perihal yang terjadi di kerajaan banggai, Adi Saka sangat memahami keadaan tersebut dan bertitah kepada Fuadin agar memimpin kerajaan banggai, namun sebelum kembali ke kerajaan banggai mereka harus menimbah ilmu kepada ayah mereka untuk bekal menjadi seorang pemimpin.

Kembalinya Fuadin
               setelah tinggal beberapa lama di tanah jawa untuk belajar, akhirnya Adi Saka memerintahkan Fuadin dan Adi Sabol agar mereka segera kembali untuk memimpin kerajaan banggai, karna ilmu yang mereka dapati sudah cukup. namun kepulangan mereka ini tidak bersamaan tetapi Adi Sabol sebagai adik yang diperintahkan terlebih dahulu untuk balik mempersiapkan penyambutan terhadap Fuadin untuk dilantik menjadi Raja. permasalahannya disini ialah saat keberangkatan Fuadin dan Adi Sabol ke tanah jawa mereka masih dalam usia kanak-kanak sehingga saat mereka kembali dalam usia yang telah dewasa, para basalo banggai tidak lagi mengenali dengan jelas rupa para pangeran tersebut sehingga saat  Adi Sabol tiba di kerajaan banggai dengan membawa beberapa pengawal dan menggunakan bendera merah putih sembilan susun maka para basalo dan masyarakat kerajaan banggai menyambutnya dan lansung melantik Adi Sabol sebagai raja yang dilakukan oleh para basalo. sedangkan seharusnya Adi Sabol balik terlebih dahulu ke kerajaan banggai bukan untuk menjadi raja tetapi tidak lain hanya untuk mempersiapkan penyambutan kedatangan kakaknya Fuadin untuk dilantik menjadi raja. namun melihat kejadian penyambutan dirinya dan pelantikan dirinya sebagai raja Adi Sabol hanya diam saja dan membiarkan pelantikan dirinya tetap berlansung sampai selesai.


setelah beberapa lama tinggal dijawa dan diperkirakan sudah selesai mengenai persiapan penyambutan dirinya yang dilakukan oleh Adi Sabol maka Fuadin berangkat ke banggai dengan membawakan hadiah emas kepada adik perempuannya yang di bokan, selain itu fuadin membawa burung mamua/ maleo. keberangkatan Fuadin ke banggai beliau dikawal beberapa pengawal dan menggunakan bendera merah putih duabelas susun, namun setelah tiba di kerajaan banggai Fuadin sangat terkejut melihat tidak ada penyambutan dirinya melainkan masyarakat sudah dalam keadaan berbahagia karna mereka telah memiliki raja yang belum lama dilantik oleh para basalo. mengetahui kejadian ini Fuadin sangat geram dan lansung ke keraton bertemu Adi Sabol kemudian memarahinya, namun Fuadin sendiri tidak lagi menuntut untuk menggantikan adiknya yang telah dilantik menjadi raja melainkan dia melanjutkan pelayarannya menuju batui untuk menitipkan burung maleo agar bisa berkembang biak disana sebab di daerah pulau peling dan banggai tidak ada tempat yang cocok untuk burung maleo ini berkembang biak. lepas dari batui Fuadin melanjutkan perjalanannya menuju bulagi, sesampainya di bulagi tepatnya di daerah lolantang mereka lansung berlabuh dan turun kedaratan, saat mereka sedang istrahat tiba-tiba turun seekor kambing dengan berlari dari perbukitan kemudian pengawal Adi Saka lansung menangkapnya, setelah beberapa saat datanglah beberapa orang yang mencari kambing tersebut namun karna dilihat kambing tersebut telah ditangkap oleh pengawal Fuadin maka mereka lansung memintanya, tetapi dari Fuadin sendiri tidak lansung memberikannya karna hawatir jangan sampai mereka berbohong, dengan demikian pertengkaran tak dapat dielakan yang akhirnya Fuadin meminta penjelasan yang pasti kalau memang kambing itu milik mereka, dan mereka menjelaskan bahwa bahwa kambing tersebut ialah untuk syukuran Putri Basalo Salaup karna telah menstruasi untuk pertamakali. namun karna Fuadin belum puas dengan penjelasan tersebut akhirnya mereka diperintahkan kembali dan menceritakan perihal tersebut kepada Basalo Salaup, dan mereka pun kembali ke palabatu yaitu tempat kedudukan basalo salaup kemudian menceritakan apa yang mereka alami, karena penasaran mengenai siapa yang berani menahan kambing untuk sukuran putrinya tersebut maka Basalo Salaup memerintahkan agar Fuadin dipanggil untuk menghadap dirinya, setelah itu berangkatlah pengawal Basalo Salaup untuk memanggil Fuadin. setelah memberitahukan pesan dari Basalo Salaup maka Fuadin bersama anggotanya berangkat ke negri palabatu untuk menghadap Basalo Salaup sekaligus mengembalikan kambingnya, namun setelah melihat Fuadin bukannya Basalo Salaup memberikan hukuman tetapi basalo salaup meminta agar Fuadin bersedia menikah dengan putrinya yang baru beranjak dewasa dan Fuadin dengan senang hati bersedia memenuhi permintaan Basalo Salaup tersebut. setelah menikah dengan putri Basalo Salaup, Fuadin tidak kembali lagi ke banggai tetapi beliau tinggal menetap di wilayah Basalo Salaup sekaligus mengajarkan ilmu-ilmu Islam sampai akhir hayatnya. Fuadin sendiri mendapatkan julukan yaitu MIAN TUU/ Manusia Sempurna dan beliau dimakamkan di satu tempat yang dinamai Kota letaknya di daerah Lolantang Bulagi Selatan.


Makam FUADIN/ LIPUADINO
Wafat 68 H
Kalau Tidak Diperhatikan Pemerintah Maka Makam Ini Akan Hancur





Tulisan Arab Melayu Samping Makam FUADIN

Bacaan Bagian Tengah Dari Bawah Keatas Adalah: 

MAYYIT
INI TUWAN
FUADIN

Bacaan Bagian Samping Dari Kanan Bawah Keatas Adalah:
AKU
SAOLI
NAMANYA
68
Angka 68 ini yang ditandai sebagai tahun meninggalnya


       Selain makam FUADIN, dibawahnya terdapat makam Imam SYA’BAN. pada batu nisannya bertuliskan arab melayu dan meninggal tahun 168 H/789 M, dan diperkirakan sekitar tiga puluh (30) tahun kemudian meninggalnya Fuadin baru Imam Sya'ban hadir di kerajaan banggai. dari sejarah yang kami dapatkan, Imam Sya'ban ialah penyebar agama Islam yang bertujuan datang ke kerajaan banggai melalui jalur sutra di cina, namun pada saat perjalanannya menuju Kerajaan Banggai kapalnya karam di Tidore. beliaupun akhirnya harus tinggal sebentar di tidore untuk memperbaiki kapalnya, setelah kapalnya selesai diperbaiki maka beliapun lansung berlayar menuju banggai sebab memang tujuannya ialah ke kerajaan banggai, dan untuk mengenang kapalnya yang sempat rusak tersebut maka Imam Sya'ban menciptakan satu jenis alat musik yang seperti perahu. alat musik ini sekarang lebih banyak digunakan di daerah bugis sulawesi dan alat musik ini lebih dikenal dengan kecapi bugis.

Kecapi Bugis Alat Musik 

Bentuk Perahu Peninggalan IMAM SYA'BAN

       Namun sesuai penulisan di atas sebelum kedatangan Imam Sya'ban di Banggai, islam sendiri telah masuk dan berkembang di kerajaan banggai melalui Adi Saka dan dilanjutkan oleh keturunannya. jadi kedatangan Imam Sya'ban di kerajaan banggai ialah hanya untuk mengajarkan ilmu-ilmu islam yang lebih dalam lagi karna mungkin islam yang diajarkan oleh Adi Saka dan Fuadin masih belum terlalu dalam. tetapi perlu digaris bawahi bahwa, beliau bukanlah  sebagai orang yang pertama menyebarkan islam di kerajaan banggai. penyebaran agama islam yang dilakukan oleh Imam Sya'ban diperkirakan bukan hanya dikerajaan banggai saja tetapi sampai pada daratan sulawesi dan kerajaan banggai sebagai basis penyebarannya, ini dapat kita lihat dari bukti peninggalannya berupa alat musik berbentuk seperti perahu  yang banyak digunakan di daratan sulawesi khususnya daerah bugis, dan bukti ini bisa dijadikan alasan bahwa memang Imam Sya'ban menyebarkan islam sampai kedaratan sulawesi khususnya daerah bugis.

seperti Fuadin, Imam Sya'ban juga menjadikan daerah Basalo Salaup tepatnya di daerah lolantang bulagi selatan sekarang, sebagai tempat mengajarkan ilmu-ilmu islam dan ilmu-ilmu islam yang diajarkan oleh mereka masih berlanjut sampai sekarang.



Makam IMAM SYA'BAN
Wafat 168 H/ 778 M
Seperti Makam Fuadin, Keadaannya Kurang Mendapat Perhatian Pemerintah 


Batu Nisan IMAM SYA'BAN Bagian Depan
                     Bagian depan nisan bertuliskan :                                       
-         Nisan ini mengigatkan bagi siapa saja
-         Pesan kepada handai Tolan dan kepada sesama manusia
-         Manakala hendak bertahlil di kuburnya harus kerena Allah dan                        Rasulnya.
-         Tahun 168 Hijriah Imam SYA’BAN meninggal  dalam kubur. 
       

Tulisan Pada Nisan Bagian Belakang 

                          Bagian belakang nisan bertuliskan :
     -        Waktu meninggalnya IMAM SYA’BAN hari rabu jam 4 sore 168 H
     -         Berangkat meninggalkan dunia fana menuju alam baka.
     -         Inna Lillahi Wainna Ilaihi Rojiun
               untuk sementara seperti itu yang bisa kami baca


      Dengan ini dapat disimpulkan bahwa basis penyebaran islam pertama di wilayah indonesia timur atau mungkin sampai pada indonesia bagian barat dimulai dari kerajaan banggai. Selain itu, jika kita melihat dari situs yang ada maka ini bisa disimpulkan sebagai salah satu situs islam tertua di Indonesia. Sebab pada penulisannya menggunakan Arab Melayu dan sepertinya bisa dikatakan sebagai peninggalan tulisan arab melayu yang tertua di nusantara, sedangkan dari sekian banyak situs yang ada termasuk situs yang berada di daerah Sumatra lebih banyak menggunaka  tulisan Arab dengan motif Persia. Jika kita mempelajari sejarah, Persia/iran sendiri baru masuk sebagai wilayah kekhalifaan muslim pada zaman khalifah Umar Bin Afan yaitu sekitar + 16 H, dan kerajaan kecil islam dipersia baru mulai berkembang saat kekhalifaan di baghdad mulai melemah yaitu sekita abad ke-3 H atau abad ke IX M, sedangkan untuk peradaban islam persia yang mempunyai pengaruh besar di dunia islam baru dimulai sekitar abad ke-XIII M yaitu sejak berdirinya kerajaan safawi. jika demikian maka, kerajaan islam Persia/iran masih sangat muda jika  kita harus menyimpulkan sebagai penyebar islam di nusantara. sedangkan kalau kita lihat tahun meninggalanya Fuadin yaitu 68 H/ 678 M, maka sangat dimungkinkan banggai telah menjadi kerajaan islam sejaman dengan kekhalifaan umayyah dan persia pada saat itu belum memiliki kerajaan islam karna masih di bawah kekuasaan kerajaan bani umayyah.

Kepemimpina Adi Sabol
         di atas telah dijelaskan bahwa Adi Sabol ini/ Tomundo Sabol adalah putra kedua Adi Saka dari istri keduanya yaitu putri Yadamin anak basalo bollukan/ banggai. Adi Sabol ini seharusnya diperintahkan berangkat dari jawa kebanggai untuk mempersiapkan kedatangan Fuadin agar dilantik menjadi raja, tetapi karena para basalo kerajaan banggai pada saat itu sudah tidak terlalu mengenali wajah mereka maka oleh para basalo lansung melantik Adi Sabol sebagai raja dan malangnya Adi Sabol hanya diam saja membiarkan hal itu berlansung tanpa mengatakan yang sebenarnya siapa dirinya. setelah dibelakang hari barulah ketahuan kalau dia bukanlah Fuadin, yang seharusnya dilantik menjadi. sehingga nama Tomundo Sabol/ Adi sabol ini hanya merupakan julukan yang artinya (Raja pinjaman) nama sebenarnya belum diketahui.

Perlawanan Tomundo Daalu
         karna Tomundo Daalu ialah anak pertama dari istri pertama Adi Saka yaitu putri basalo buko, maka dia merasa bahwa seharusnya dialah yang menjadi seorang Tomundo menggantikan ayahnya Adi Saka. namun karena pusat kerajan banggai tidak ditempatkan di buko maka keinginan Tomundo Daalu untuk menjadi raja tidak dapat dikabulkan, sebab dari Adi Saka sendiri menjadikan banggai sebagai pusat kerajaan, selain itu beliau juga memiliki dua orang putra di kerajaan bollukan/ banggai hasil pernikahan dengan putri Yadamin, putri seorang basalo bollukan/ banggai. melihat keadaan ini akhirnya Tomundo Daalu yang sebagai pemimpin kerajaan buko tidak lagi menginginkan bergabung dengan kerajaan banggai, dengan demikian maka penyerangan kerajaan banggai terhadap Tomundo Daalu tidak dapat dielakan. dari sejarah tutur yang kami dapatkan penyerangan ini melibatkan ternate dan mindanao, bantuan ternate dan mindanao dalam menaklukan Tomundo Daalu sebagai pemimpin kerajaan buko ini dilakukan apakah hanya sebagai kerajaan sahabat ataukah ternate dan mindanao berada di bawah kekuasaan kerajaan banggai (butuh Penelitian lebih lanjut). karena penyerangan yang begitu dasyat akhirnya Tomundo Daalu menyatakan diri menyerah dan siapa bergabung kembali dengan kerajaan banggai. walaupu sudah bergabung, namun hingga sekarang keturunan dari Tomundo Daalu masih tetap myakini dan menyatakan bahwa raja yang seharusnya ialah Tomundo Daalu.

perlu diketahui Tomundo Daalu memiliki seorang putra dan putri yang lahir kembar (namanya belum kami ketahui karna lupa menanyakannya). untuk yang putra beliau berangkat ketanah jawa dan terakhir diketahui beliau menjadi seorang raja di tanah jawa. kemungkinan kelanjutan dari kerajaan yang didirikannya ini ialah kerajaan kediri, sebab kerajaan kediri sendiri oleh kerajaa banggai dianggap sebagai saudara dari kerajaan banggai, dan sampai dengan sekarang jawa itu dianggap bersaudara dengan banggai baik itu jawa timur, jawa tengah dan jawa barat.

Kepercayaan Orang Banggai
           sebelum kedatangan Adi Saka menyebarkan agama islam sebenarnya orang banggai sudah memiliki agama cuma lebih diketahui sebagai agama adat dan kepercayaan ini sudah berlansung jauh sebelum masehi. apakah agama adat orang banggai ini animisme murni ataukah ada campuran yahudi atau nasrani, kita belum bisa menyimpulkan. tetapi untuk kepercayaan mengenai ketuhanan, orang banggai tidak mengenal yang namanya dewa-dewa hanya mengenal Tuhan yang Maha Tunggal dan biasa orang banggai menyebut Tuhannya dengan sebutan "TEMENENO". ini kemungkinan penyebab orang banggai mudah menerima agama islam karna sama-sama mengajarkan Tuhan yang Tunggal tanpa unek-unek dewa-dewa.

Temeneno sebagai Tuhan yang tunggal ini, dari apa yang kami dapat pelajari kemungkinan besar merupakan kepercayaan agama yang diajarkan oleh Nabi Nuh sebab untuk orang banggai sendiri khususnya daerah kerajaan buko sangat meyakini bahwa Nabi Nuh yang pada saat berlayar mencari daratan, ia menemukan di pegunungan to'olong tepatnya di atas pulau peling kab. banggai kepulauan air sudah mulai surut, dan diapun singgah berlabuh ditempat itu. saat Nabi Nuh dan pengikutnya turun mereka melihat ada seorang wanita yang keluar dari bambu dan nama bambu itu ialah bambu peling itulah sebabnya cikal bakal kenapa pulau peling itu dinamakan pulau peling. Nabi Nuh sendiri menikahi wanita tersebut dan dari pernikahan ini mereka dikaruniai sembilan orang anak delapan putra dan satu putri, sehingga untuk orang banggai mereka meyakini bahwa mereka merupakan keturunan dari Nabi Nuh (catatan: kedatangan Nabi Nuh di pegunungan to'olong belum dapat dibuktikan secara empiris, namun disini kami tuliskan karena ini juga adalah sejarah tutur yg berkembng dalam masyarakat).

Kerajaan Sea-Sea
             klaim dari kerajaan Sea-sea bahwa sebelum kerajaan banggai disatukan Adi Saka awalnya memang kerajaan-kerajaan kecil di wilayah kerajaan banggai ini sudah bersatu di bawah naungan kerajaan SEA-SEA yang berpusat di Bulagi, wilayahnya berada di bawah pegunungan to'olong  dan sudah eksis sejak zaman sebelum masehi. namun tidak bertahan lama karena para raja-raja bawahannya selalu memberontak ingin berdiri sendiri dan ingin menguasai satu sama lain. hingga saat kedatangan Adi Saka kerajaan SEA-SEA sudah tidak lagi menjadi pusat kerajan melaikan kerajaan sea-sea sudah terpecah menjadi kerajaan kecil-kecil. kerajaan-kerajaan kecil yang sangat makmur ialah kerajaan bollukan/ banggai, karna awalnya bollukan memang sebagai pusat perekonomian kerajaan Sea-sea. sebab letaknya yang sangat strategis untuk dilewati para pedagang antara kerajaan, dan merupakan jalur perdagangan kuno.

              keeksisan kerajaan yang ada di wilayah banggai dan sekitarnya dapat dilihat dari peninggalan yang tersimpan di keraton banggai. dari hasil penelitian dan pengamatan LP2K (Lembaga Penelitian dan Pengamatan Keraton) yang berpusat di Solo Jawa Tengah, menemukan benda - benda purbakala yang berbentuk tombak di buat pada 300 tahun sebelum Kerajaan Kediri berdiri (1000-1049), Kemudian penemuan benda-benda purbakala lainnya yang berbentuk keramik, emas dan koin yang digunakan sebagai alat pembayaran di masa itu, benda - benda purbakala tersebut berasal dari Dinasti China di mulai dari :

1. Dinasti SHANG - (1523 SM-1028 SM)
2. Dinasti CHOU (ZHOU) - (1027 SM-256 SM)
3. Dinasti CHIN (QIN) - (221 SM-206 SM)
4. Dinasti HAN - (206 SM-220 M)
5. Dinasti SUI - (581 M-618 M)
6. Dinasti TANG - (618 M-906 M)
7. Dinasti LIAO - (907 M-1125 M)
8. Dinasti SUNG (SONG) - (1128 M-1279 M)
9. Dinasti YUAN - (1279 M-1368 M)
10. Dinasti MING - (1368 M-1644 M)
Diawah ini merupakan contoh penemuan benda - benda purbakala tersebut :       





 
alat pembayaran Dinasti China

mata uang dinasi Syailendra                        




Kerajaan Banggai Baru
           sejatinya kerajaan banggai yang beribukotakan di pulau bollukan/ banggai terdiri dari dua fase. fase pertam dimulai dari Adi Saka kurang lebih pada awal abad ke VII M dan berakhir pada akhir abad ke XVI M dengan raja terakhir Adi Lambal Polambal. kerajaan yang berlansung kurang lebih hampir seribu tahun ini dipimpin lansung oleh keturunan Tomundo Adi Saka, dan raja-raja dari keturunannya menggunakan gelar ADI.

penyebab jatuhnya kerajaan banggai lama ini ialah adanya penyerangan yang dilakukan oleh kesultanan ternate yang dipimpin oleh sultan babullah dan ditunggangi oleh belanda. saat penyerangan ternate bersama kerajaan belanda berlansung, kerajaan banggai pada saat itu dalam keadaan kekosongan raja dan para pembesar-pembesar kerajan lainnya.

saat penyerangan terjadi raja beserta para basalo (basalo:seperti parlemen sekarang) dan para talenganya (talenga: panglima perang) sebagia besar ikut serta dalam rencana pelamaran terhadap seorang putri Bugis. naas memang pada waktu itu untuk raja dan rakyat kerajaan banggai, karna tidak menyadari kalau kerajaan mereka telah diincar untuk diserang oleh ternate dengan ditunggangi belanda. karna memang pada saat penyerangan terjadi, raja dan para panglima perangnya tidak berada ditempat, maka dengan mudahnya kerajaan banggai dihancur leburkan hingga ratah dengan tanah oleh kerajaan belanda dengan menjadikan kerajaan ternate sebagai tunggangannya. penyerangan ini tidak hanya dilakukan dipusat kerajaan saja tetapi sampai pada wilayah Fuadin yaitu lolantang, sangat diuntungkan pasukan ternate yaitu tobelo tidak menemukan makam Fuadin dan Imam Sya'ban, sebab jika mereka menemukannya sudah pasti makam tersebut akan dihancurkan dan jika dihancurkan maka lenyaplah sudah jejak-jejak kebesaran kerajaan banggai. saat penyerangan di lolantang yang dilakukan oleh tobelo, mereka melakukan pembakaran sebuah masjid dan tinggal hanya tersisa sebuah bedug masjid yang masih dipakai sampai sekarang di masjid lolantang.

           penyerangan sultan babullah ini kemungkinan disebabkan termakan hasutan belanda yang melihat sepertinya sultan babullah mempunyai nafsu untuk memperluas kerajaannya, dengan demikian karna sultan babullah sendiri sudah memiliki hasrat untuk memperluas wilayanya maka dengan sangat mudah untuk belanda mengiming-imingi memberikan bantuan kepada sultan babullah untuk memperluas kekuasaannya. namun sayang sultan babullah sendiri tidak menyadari kalau dia hanya diperalat oleh belanda agar belanda dapat menguasai daratan sulawesi dengan menghancurkan kerajaan banggai terlebih dulu. karna jelas setelah banggai berada di bawah kekuasaan ternate maka otomatis panglima-panglima perang kerajan banggai yang sangat tangguh dalam peperangan, akan ikut serta dalam pertempuran-pertempuran yang dilakukan ternate.
setelah mendengar kabar bahwa kerajaannya telah hancur lebur akhirnya raja banggai kembali ke kerajaan banggai bersama dengan para panglimanya, sesampai di banggai raja sangat terpukul melihat kerajaannya yang sudah hancur lebur dan telah banyak korban jiwa yang berjatuhan diantara kedua belah pihak. melihat kenyataan yang terjadi para basalo dan para talenga yang bersama raja dari tanah bugis, meminta kepada raja untuk melakukan perlawanan kembali namun dari raja sendiri ia telah menyatakan diri untuk mengalah, maka dari situlah kemudian kerajaan banggai diambil alih oleh kerajaan ternate dengan menjadikan prins mandapar sebagai gubernur pertama, dan menawan Adi Lambal Polambal. kemudian, beliau Adi Lambal Polambal dibawa ke ternate untuk menjadi tawanan, namun saat perjalanan menuju ternate raja Adi Lambal Polambal hilang entah kemana dari dalam kapal, setelah datang badai besar yag menimpa kapal tumpangan Raja Adi Lambal Polambal tersebut.

setelah menjadi gubernur pertama, prins mandafar merubah sebagian bentuk tata kerajaa banggai serta mengganti para basalo yang bukan lagi dari basalo saat Adi Lambal Polambal. dengan demikian maka bisa terjawab suda mengapa raja banggai bukan dipilih lansung dari keturunan raja sebelumnya, sebab alasan pertamanya ialah banggai bukan lagi sebagai kerajaan yang mandiri namun tinggal menjadi salah satu propinsi dari kesultanan ternate, sehinnga gubernur yang dipilih untuk menjadi perpanjangan sultan ternate di banggai sudah pasti harus mendapat persetujuan dari sultan ternate terlebih dulu kemudian baru dilantik oleh para basalo, tujuan ini dilakukan agar supaya gubernur banggai tidak memberontak terhadap kerajaan pusat yaitu ternate.
jadi sangat salah apabila prins mandafar yang jabatannya sebagai gubernur pertama propinsi banggai dikatakan sebagai anak Adi Saka, karna kalau prins mandafar memang merupakan keturunan Adi Saka maka otomatis prins mandafar akan menggunakan gelar ADI seperti leluhurnya. namun kita sudah dapat melihat dengan jelas bahwa beliau tidak menggunakan gelar ADI malah menggunakan gelar "prins". berarti sudah sangat jelas kalau dia bukanlah keturunan Adi Saka tapi memang hanya seorang gubernur yang ditempatkan disalah satu daerah taklukan kerajaan ternate yaitu kerajaan banggai.
Sil-silah Kerajaan To'olong/ Sea-Sea:
  1. Basalo Basal (berkuasa saat daratan dunia masih satu) kemungkinan Nabi Adam, sesuai namanya basalo basal artinya: basalo yang kekuasaannya meliputi daratan bumi yang masih satu
  2. Basalo Baboli (berkuasa saat daratan bumi telah terpisa-pisa) Kemungkinan Nabi Nuh, karna sesuai namanya basalo baboli artinya: basalo yang membawa perubahan, karna saat beliau menjadi basalo daratan bumi telah terpisah-pisah, mungkin disebabkan banjir besar yang menenggelamkan seluruh daratan bumi.
  3. terakhir Basalo Salaup telah memeluk islam, dari basalo salaup ke basalo baboli terdapat banyak basalo namun tidak lagi diketahui. begitu juga dari basalo baboli ke basalo basal terdapat beberap basalo namun tidak agi diketahui.
Sil-silah Kerajaan Banggai Lama
  1. Adi saka memimpin sekitar awal abad ke VII
  2. Adi Sabol memimpin sekitar akhir abad ke VII
  3. dan raja terakhir Adi Lambal Polambal memipin sekitar akhir abad ke XVI, dari Adi Lambal Polambal terdapat beberapa raja namun tidak diketahui lagi, kemungkinan sejarahnya dimusnahkan oleh penjajah.
Sil-Silah kerajaan Banggai Baru
mulai dari gubernur pertama
  1. Maulana Prins Mandapar Mbumbu doi Godong (1600-1630)
  2. Molen Mbumbu doi Kintom  (1630-1648);
  3. Paudagar Mbumbu doi Benteng (1648-1689)
  4. Mbulang Mbumbu doi Balantak (1689-1705)
  5. Abdul Gani Mbumbu doi Kota (1705-1728)
  6. Abu Kasim Mbumbu doi Bacan (1728-1753)
  7. Kabudo Mbumbu doi Mendono (1753-1768)
  8. Ansyara Mbumbu doi Padongko (1768-1773)
  9. Manduis Mbumbu doi Dinaadat (1773-1809)
  10.  Agama Mbumbu doi Bugis (1809-1821)
  11. Atondeng Mbumbu doi Galela (1821-1827)
  12. Lauta Mbumbu doi Tenebak (1827-1847)
  13. Taja Mbumbu doi Sau (1847-1852); 14.
  14. Tatu Tanga Mbumbu doi Jere (1852-1858)
  15. Soak Mbumbu doi Banggai (1858-1870)
  16. Nurdin Mbumbu doi Labasuma (1870-1882)
  17. Tomundo Hi. Abdul azis (1882-1900)
  18. Tomundo Hi. Abdul Rahman (1901-1922)
  19. Tomundo Hi.Awaludin (1925-1940)
  20. Tomundo Nurdin Daud (1940-1959)
             kemungkinan setelah terjadi perdamaian banggai dan ternate di akhir abad ke XIX barulah banggai mulai membenahi diri dengan kembali menggunaka nama Tomundo untuk seorang raja, tetaapi tidak lagi menggunaka gelar ADI karna memang yang sharusnya raja pengguna gelar ADI sudah tidak diketahui lagi dimana keberadaan keturunannya.

perlu diketahui bahwa orang banggai bukanlah bangsa yang bodoh buta huruf dan tidak punya peradaban, tetapi bangsa baggai ialah bangsa yang jauh sebelum masehi sudah punya peradaban yang agung dan masih disekitar abad ke VII sudah mengenal tulis menulis yaitu dengan adanya bukti tulisan arab melayu pada makam Fuadin/ Lipuadino dengan pada batu nisan Imam Sya'ban, dan kalau bangsa banggai kelihatannya sekarang sudah seperti bangsa yang ketinggalan jaman dan seperti tidak punya peradaban maka itu patut disalahkan pada penjajah karna kemungkinan besar para penjajalah yang menghancurkan situs-situs peninggalan yang ada dikerajaan banggai dan menjadikan orang bangga bodoh agar tidak lagi mengetahui sejarah agung leluhur mereka.

UNTUK SUKU BANGGAI :
PO SIKOLA BABUKU SUANO PO TEALI BANGKAPI SUANO PO KINDEKE KOPO LIPU..
SUANO PO TOIO COMUYU KOIA KO PAU BANGGAI, COMUYU MANUSIA MO MINONTONANGGON MAU DOI LIPU NJENO..


                 


51 komentar:

  1. Balasan
    1. yow.. doakan muda2han kita bisa buat jdi buku trus diseminarkan.

      Hapus
  2. Balasan
    1. ok. silakan supaya bisa lebi banyak yg tau torang p daerah.

      Hapus
  3. Banggai tano monondok, di nant kunjungannya saydara2😊

    BalasHapus
  4. Mohon maaf om, seharusnya masyarakat banggai harus mendesak pemerintah untuk segera melakukan pemugaran terhadap situs itu, apalagi bila situs tersebut merupakan situs yang tersisa dari kerajaan banggai. Seperti yang dilakukan anggota grup facebook KOMUNITAS HISTORIA SULAWESI TENGAH, mereka berinisiatif untuk menghadap pemerintah terkait situs2 sejarah yg tidak terurus di kota palu, Alhamdulillah pemerintah menanggapi hal tersebut dengan positif. Semoga dengan adanya penjelasan diatas masyarakat Banggai dan umumnya seluruh masyarakat banggai dan bangkep dapat mengambil inisiatif untuk melestarikan situs tersebut.
    Andry aulia zulkarnaen - bunta, kab.banggai

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi masukannya, muda2han kalau kita ke Banggai nanti kita bisa mengajak masyarakat agar mendesak pemerintah untuk melakukan pemugaran sisa-sisa situs tersebut.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. maaf ini referensix dari mana.? trus kalau untuk melestarikan situs kebudayaan saya dukung sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk referensi kita blum cantumkan, nti klu suda dibuat buku bru kita cantumkan.tpi yg jelas tulisan ini punya refernsi.. yg kita usahakan skarg bagaimana pemerintah bisa melestarikan kembali situs peninggalan tersebut..

      Hapus
  7. Tulisan yang bagus, mengenai situs tidak dapat dipungkiri lagi tentang masuknya islam dikerajaan banggai, sebagai masukan: referensi sejarah lainnya yang mendukung tulisan ini perlu di perkuat. "Pomenggon Pau Banggai Nda Kindendeke Konda Lipu"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia sengaja memang blum dicantumkan referensinya, dan saya dengan beberapa teman2 masi terus mencari informasi supaya lebih mendasartulisannya..

      Hapus
  8. Trimakasih pada saudara2 yang bgt optimis melestarikan budaya kerajaan Banggai...sebagai anak daerah kita harus perjuangkan dan mendukung untuk mengetahui asal muasal sejarah kerajaan banggai...sy sangat bersyukur mendapat referensi dan menambah ilmu pengetahuan ttg kerajaan Banggai.... Klw bukan kita siapa lagi...Semangat yachhh..sekalian ijin share saudaraku...

    BalasHapus
  9. Maaf menggangu mungkin jalan kronologis cerinya sejarnya ada yg janggal knp kerajaan di daerah lolantang lebih tua krn dari situs Imam sah'ban meninggal tahun 778 m sedangkan dibanggai tercatat tdk ada catatan mengenai makam adi sabol sendendiri...
    Mana yg lebih tua kerajaan banggai atau masuknya islam di daerah lolantng. Krn tulisan yg menyatakan islam perna ada di daerah lolantng terlihat dari makam2 yg ada sedangkan di banggi dari awal sampai akhir tdk ada yg memperlihatkan bukti islam datang pada tahun sebelum makam yg ada didaerah lolantng..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari yg kita ketahui Fuadin ialah putra Adi Saka, yg memutuskan tinggal dan mengajarkan islam di lolantang, sedangkan Imam Sya'ban dia seorang Ulama kerajaan banggai.. klu mengenai situs Adi Sabol kita memang tidak temukan, namun hanya berupa petilasan di bungko tatandak sebab beliau tidak meninggal di banggai.? mengenai situs2 islam di banggai kenapa tidak ada, sudah jelaas alasannya tiada lain klu bukan belanda, ternate dan tobelo yg menghancurkan situs yg ada. karna memang tujuan penjajah ialah menghancurkan situs yg ditemukan agar supaya kita tidak lg mengetahui sejarah kita. maaf singkat penjelasannya. doakan saja kawan muda2han kita bisa jadikan satu buku..

      Hapus
  10. Tarimakasih banyak2 utusku untuk penelitiannya,, semoga rencana utus membuatnya menjadi sebuah buku sejarah banggai dapat terealisasi.
    Di tunggu info selanjutnya. Tabea dari anak balantak.

    BalasHapus
  11. mantapp,,, so ini trang Waktu untuk bangun trang plipu singann,, Ilove you BANGGAI

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Artikelx mntap gan. .hampur mirip yg d.tulis d.buku jj. Dormeier.
    Sy hanya mnggaris bwahi bliau tidak brada dalam masa kkhalifaan Rasulullah SAW (1 ~ 11 H/622 ~ 632 M) ,ttpi ini sbuah bkti konkrit bhwa islam brkembang dgn sngat pesat.
    Sukses dgn bukunya gan, ada waktu buatlah forum mmbhas sjrah krjaan banggai.

    »»kunbal slam utus Mian Batui

    BalasHapus
  14. makasi tanggapannya,,. saya katakan mungkin masa kehidupan Fuadin Rasulullah masi hidup sebab tahun meninggalnya Fuadin yaitu 68H jadi kalau kemungkina meninggalnya Fuadin diusia 68 tahun maka masa kelahirannya jelas rasulullah masi hidup.. hehehe......

    BalasHapus
    Balasan
    1. izin kutip artikel mengenai makam alm Fuadin dan Imam Sa'ban,, adapun artikel akan kami share ke penjelasan Ustadz Adi Hidayat mengenai Penyesatan Sejarah Indonesia https://www.youtube.com/watch?v=a2VjaK8R8JM
      semoga artikel saudara dapat menambah referensi mengenai sejarah Islam di Nusantara
      Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih

      Hapus
    2. silakan suda lee, leluhur kita sebagai pelaku sejarah namun yg menuliskan kisah mereka bukan kita dan kalau kita malah ngga dipercaya. hehehe... lucu ya..

      Hapus
  15. Klaw bleh saran.. di cari juga referensi sebanyak bnyak tentang imam sya ban di tanah bugis.. mslahnya .. klaw untuk tanah bugis..dlam hal pnyebaran islam ..tdak prnah tercantum nma imam sya ban..semangat.. bang.. smoga bisa jdi bku..
    Salam montolutusan..

    BalasHapus
  16. Salam Montolutusan,
    Perlu di apresiasi penelitian yg dilakukan oleh Saudara Jalil, sya pikir juga tidaklah mudah untuk melakukan penelitian dgn sumber sumber yang bisa di katakan sngat sukar untuk d temukan,,
    Tetapi seperti yg kita ketahui bersama banyak sumber yg mungkin akan brrbeda versinya,, jadi sy harap, mungkin bisa di buat project dgn bekerja sama dgn beberapa org yg melakukan perhatian dgn sejarah kerajaan banggai,, jg bejerjasama degn pemerintah setenpat untuk mengembangkan tulisan ini,,, mungkin jg bisa bekerjasama dengan kerajaan2 yg pernah terlibat atau berkaitan dgn kerajaan banggai,,
    Seperti beberapa hari lalu ada artikel yg dikeluarkan oleh kerajaan Gowa-Talo bahwa di daerah salakan Pernah ada sebuah Kerajaan dengan Nama Kerajaan Babengketan yang di Serang Oleh Kerajaan Gowa-Talo..
    Kritik untuk tulisan ini,, seperti yang tadi dituliskan dalam alur cuman kerajaan2 kecil yang berad d pulau pelingyg di sebutkan dan tano bolukan hanya d sebutkan sebagai satu kerajaan, sedangkan seperti yang kita ketahui bersama ada 4 kerjaan yg berkembang di tano bolukan itu sndiri yg smpai sekarang basalo2nya masih ada dgn dwariskan secara turun temurun,,seperti Basalo Babolau, Basalo Kokini, Basalo Singgolok & Basalo Katapean,,,
    Jadi sya harap ini jg menjadi perhatian penting bagi kita semua karna ini menyangkut asal usul kita sendiri,,
    Tinatauan,,
    Wassalam,

    BalasHapus
  17. Om cuma mau saran...karna memang sejarah banggai banyak versi jadi di kembangkan lagi ..dan kalo bole tanya adi sabol hubungannya dengan bungko tatandak apa dan dimana...hahay

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Hallo, Bapak Jalil... Saya dari totikum dan mahasiswa seni musik di UNIMA Tondano. Saya hanya ingin bantuannya, berhubung penyusunan skripsi saya tentang alat musik asli suku Sea-sea (Poponding). Saya kesulitan dalam referensi sejarah. Membaca artikel ini saya tertarik dan berpikir untuk kemudian menganalisa, jalur masuknya pengaruh dari luar Banggai dalam hal ini pengaruh pedagang Cina/ Arab pada masa lalu yang memungkinkan alat-alat musik yang muncul pada masa itu dipengaruhi oleh datangnya tokoh/ orang-orang yang berasal dari luar Banggai, yang membawa alat-alat musik beserta mereka, kemudian barangkali diserap oleh penduduk suku Sea-sea masa itu. Jadi intinya, saya ingin sebuah peneguhan tentang sejarah yang dipaparkan di atas, keasliannya. Karena setelah melihat kuburan itu saya menjadi ragu, karena tulisannya bukan di batu atau bahan yang berasal asli dari masa itu, (menurut dugaan saya) itu semen barangkali, dan kalau saya benar, semen pada masa itu kan belum ada? Lantas tulisan itu tulisan siapa dan berdasarkan apa? Apa mungkin aslinya seperti itu dan ketika dipugar dibuat tulisan yang sama? Saya ingin penjelasan tentang kebenaran bukti sejarah yang dipaparkan di atas. Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. io... saya juga untuk skarang masi meneliti tentang kebudayaan kita, karna kemungkinan besar seni dan budaya kita mendapat pengaruh dari utara selatan timur barat, sehingga memang sangat berfariasi seni dan budaya kita. kalau untuk tulisan di makam kita belum memanggil arkeolog untuk meneliti tpi ada sebagian informasi semen itu terbuat dari batu karang yg dibakar terus dihaluskan dan dicampur putih telu.. maaf singkat penjelasannya..

      Hapus
  20. Kepengen ke makam fuadin dan keturunan raja2 banggai,.insya alloh ,,dan ingin memberikan pengertian kpd pemerintah daerah banggai bgaimana cara menghargai dan menghormati sejarah dan mencintai leluhurnya yg terabaikan

    BalasHapus
  21. assalamu alaikum,, saya cukup mengapresiasi hasil riset bapak,,
    tetapi ini kurang sinerji dengan kisah yang sebenarnnya, maaf pak,, karna sejarah yang sebenarnya di wariskan kepada keturunan, hingga saat ini di rahasiakan, karna mereka punya silsilah keturunan. sebelum prims mandapar. thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikum salam... ia memang masi banyak kekurangan penulisan ini, dan untuk skarang saya fokus menggali sejarah leluhur saya. nanti setelah itu baru saya fokus lagi menggali sejarah banggai..
      untuk silsilah raja2 sebelum mandapar memang masi sangat minim informasi yg saya dapatkn, namun kalau itu ada dan bisa dipertanggungjawabkn kebenarannya saya sangat bersyukur, dan kalau bisa mungkin suda saatnya disampaikan di umum.. bgmn utus sam sul.??

      Hapus
    2. Asalan utus bisa saya minta info siapa basalo tompotika yang anaknya di nikahi adi aaka

      Hapus
  22. Maaf sblmnya
    Saya kira kerajaan banggai jauh dari tuan fuadin dan kerajaaan Banggai munculnya priode bawah sedangkan tuan fuadin itu memiliki kerajaan sendiri yaitu di pulau peling....Dan suku pada tuan fuadin sebenarnya ada mian sea sea yaitu suku asli dari daratan yang sekarang di katakan Banggai
    Sedangakan suku Banggai muncul ketika priode bawah yang di mana ada kerajaan di banggai laut
    Mohon maaf dan koreksi,jika salah

    BalasHapus
  23. Assalamu'alaikum
    Bisa sy minta email penulis?
    Ada yg sa mau tanya akan🙏

    BalasHapus
  24. Trimakasih atas tulisannya. Sangat bermanfaat bagi semua kalangan khususnya kami sebagai Pau Lipu dirantauan.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Tabea utus2,salam hangat buat semua,sdh saatnya kita menyatukan tekad tuk menggali,sejarah Banggai,yg sdh lama hilang bagai d telan bumi.mgkn msh ad yg taU dan menyimpan buku yg di kenal dgn kitab tembaga at kitab kuning,at bukti sejarah lainnya.mari cari kebenaran,dan satukan kebenaran itu,salM tabea.

    BalasHapus
  27. Assalamu alaikum..sy putra asli lolantang..bapak sy ramadji karim..kakek sy madu karim....sy setuju kita bangun situs religi...sy cari data dulu mana turunan fuadin...imam syaban dan lainnya...kalu ada di titisan darah sy sy bergerak bangun secara swadaya cari sponsor....aset sejarah nanti tiap thn kita reuni insya Allah..hp.085240364369 rustam ramadji karim iain palu

    BalasHapus
  28. Kita bisa haul....buat forum situs sejarah kesultanan puadino bantu sy semua warga...wisata religi/pendopo..masjid bandar..dll.kontek sy...ingat anak cucu kita...sy baru mlm ini buka geogle..mhn dukungan sy cuba minta mimpi jk ada petunjuk kt bergerak...yh pemerintah..ki smpaikn.semoga insya Allah.amin.

    BalasHapus
  29. Paman sy kadir karim 14 hari lalu tlh meninggal juru kunci kota di lolantang.kini tnggal anaknya yg trima wangsit dn adik sy sunardi karim mimpi didatangi 2 tokoh berjubah putih...wallahualam

    BalasHapus
  30. Kita bisa haul....buat forum situs sejarah kesultanan puadino bantu sy semua warga...wisata religi/pendopo..masjid bandar..dll.kontek sy...ingat anak cucu kita...sy baru mlm ini buka geogle..mhn dukungan sy cuba minta mimpi jk ada petunjuk kt bergerak...yh pemerintah..ki smpaikn.semoga insya Allah.amin.

    BalasHapus
  31. bukunya kapan terbit so abis sosop tinggal rokok elktrik kon blm terbit-terbit, Apa perlu mbak jajan, mas wid, dan Sarkum serta warga krapyak wetan bikin partai baru

    BalasHapus